Pembangunan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Perlu Ditingkatkan

12 November 2016 / 08:51 WIB Dibaca sebanyak: 16906 kali Tulis komentar

gunung-tangkubanBANDUNG BB.Com–Pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata perlu lebih ditingkatkan oleh pemerintah daerah (pemda) setempat. Selama ini, Fikri menilai, pemda belum memiliki konsep inovasi untuk mengembangkan dunia pariwisata di daerahnya.

Oleh karena itu, pemda perlu mengidentifikasi dan mengoptimalkan destinasi wisata sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya. Hal tersebut, diungkapkan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih, dalam rilis yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (9/11).

Menurut Fikri, “Dunia pariwisata susah untuk berkembang dikarenakan minimnya inovasi dalam pengembangan konsep kesejahteraan rakyat melalui pariwisata. Ada daerah yang memiliki potensi wisata luar biasa, tapi pemimpinnya masih belum memiliki konsep inovasi yang jelas”.

Dengan tidak jelasnya konsep ini untuk membangun masyarakat, maka akan diikuti permasalahan lain. Sumber Daya Alam yang melimpah dan kebudayaan yang kaya tidak akan berguna menjadi Destinasi Wisata yang menarik dan banyak dikunjungi ketika pemimpinnya tidak punya konsep.

“Penguasaan dan kematangan konsep merupakan sebuah keharusan bagi pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan. Contohnya, di Brebes ini mulai dari laut sampai gunung itu ada, ini potensi, tapi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya masih rendah,” pungkasnya.

Selain melalui konsep yang jelas, hal lain yang dapat menjadi penunjang dalam mengembangkan pariwisata, ujar Fikri di antaranya adalah melalui Kompetensi dan Koordinasi. Kompetensi mencakup kemampuan para stakeholder untuk mengelolanya, sedangkan Koordinasi berarti mencakup kemampuan pemimpin daerah tersebut untuk melakukan sinergi, baik antara masyarakat, swasta, dan pemerintah.


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *