Pasukan GOBER Dapatkan Vaksinasi Hepatitis B Gratis

7 Agustus 2017 / 08:30 WIB Dibaca sebanyak: 68 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom-Menjadi bagian dari pasukan gorong-gorong dan kebersihan (Gober) Kota Bandung tidaklah mudah. Setiap hari, mereka harus berhadapan dengan sampah dan kotoran yang tak jarang mengundang penyakit. Maka dari itu, sebanyak 2.200 pasukan Gober mendapatkan vaksinasi Hepatitis B dari Biofarma.

“Supaya mereka tetap semangat, yakin dengan kesehatan, kita lindungi dengan vaksin hepatitis B,” imbuh Ridwan saat memberikan sambutan dalam acara Gebyar Vaksinasi Hepatitis B untuk Petugas Gober di Gedung Serba Guna Biofarma, Kamis (3/8/2017).

Hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, Virus Hepatitis B telah menginfeksi sebanyak 2 milyar orang di dunia. Indonesia menjadi negara dengan endemisitas tinggi Hepatitis B, terbesar kedua di negara South East Asian Region (SEAR) setelah Myanmar. Saat ini diperkirakan terdapat 28 juta penduduk Indonesia yang terinfeksi virus hepatitis B dan C.

“Harapannya tidak ada yang sakit, semua bersemangat karena salah satu hasilnya Kota Bandung jadi lebih bersih, salah satu ukurannya dapat penghargaan adipura,” katanya.

Ridwan pun mengucapkan terima kasih atas kontribusi Biofarma, yang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya telah memperhatikan kesehatan para petugas Gober se-Kota Bandung.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada PT Biofarma, di hari jadi yang ke 127 saya menjadi saksi bagaimana Biofarma selalu memberikan dukungan sosial dan lingkungan di Kota Bandung,” ucapnya.

APRESIASI ADIPURA

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil juga memberikan penghargaan dan ucapan selamat kepada 2.200 Pasukan Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) atas diraihnya Piala Adipura untuk yang ketiga kalinya oleh Kota Bandung. Ridwan mengatakan, kemenangan Piala Adipura tersebut salah satunya berkat kerja keras Pasukan Gober yang disebutnya sebagai Pahlawan Kebersihan Kota Bandung.

“Hasil tidak akan mengkhianati proses. Apa yang sudah kita lakukan dengan keikhlasan dan gotong royong kini membuahkan prestasi,” ujar Ridwan.

Perolehan anugerah tertinggi bidang lingkungan di Indonesia itu bukan tanpa proses yang panjang. Setelah selama 17 tahun Kota Bandung absen menerima Adipura, kini Kota Bandung mendapatkan apresiasi atas perubahan yang dilakukan oleh seluruh warga kota dalam bidang lingkungan.

“Itu semua kerja keras dari mereka yang hadir di sini, yang kotor-kotoran tiap hari menjaga keindahan kebersihan kota. Jadi ini kerja bersama,” tuturnya.

Ridwan mengatakan, dikerahkannya pasukan Gober sejak tahun lalu adalah untuk menjawab kebutuhan akan petugas yang merawat Bandung. Setiap hari di seluruh Kota Bandung, telah ditunjuk tim yang merawat setiap sudut kota, mulai dari jalanan, taman, hingga gorong-gorong.

“Selama ini mengapa Bandung selalu kotor karena kita tidak menerapkan matematika sederhana, bahwa untuk mengurus Bandung yang kita cintai ini butuh banyak tenaga. Maka saya berterima kasih atas kontribusi Bapak Ibu sekalian yang mengubah Bandung menjadi bersih dan cantik,” pungkas Ridwan. (hms)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *