Optimalisasi RTH Jakarta, Universitas Trilogi Luncurkan Program ‘Garashi’

30 Agustus 2017 / 18:52 WIB Dibaca sebanyak: 180 kali Tulis komentar

JAKARTA BBCom-Salah satu fasilitas umum yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah disediakannya Ruang Terbuka Hijau (RTH). Terlebih lagi bagi hunian vertikal atau rumah susun yang sangat banyak keberadaaannya di Ibukota negara ini. Selain berfungsi memperbaiki kualitas lingkungan. Keberadaan RTH juga dimanfaatkan warga untuk ajang berkumpul atau rekreasi.

Namun sayangnya, fakta menunjukkan keberadaan RTH yang berada di rumah susun tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Bahkan terkesan terabaikan. Terkait kondisi inilah, Universtias Trilogi meluncurkan program yang diberi nama Garashi atau Gerakan Rumah Susun Hijau. Untuk tahap awal, gerakan ini dilakukan di rumah susun Jatinegara Barat.

Salah satu inisiator gerakan ini, Ahmad Rifqi Fauzi menjelaskan bahwa tujuan gerakan ini adalah untuk optimalisasi RTH agar lebih maksimal dan berguna bagi masyarakat sekitar. “Program ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kami dalam bidang lingkungan dimana warga rumah susun Jatinegara Barat sebagai salah satu mitra kami. Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman melalui optimalisasi pemanfaatan ruang terbuka hijau serta fasilitas pendukung yang terdapat di rumah susun Jatinegara Barat.” Tutur Dosen Agroekoteknologi ini.

Tidak hanya disambut baik oleh penghuni rumah susun. Gerakan yang disusun bersama timnya,  yaitu Maulidian Warid ini juga mendapat  hibah kompetitif Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemenristek Dikti. “Kami berterima kasih kepada Kementerian Ristek Dikti yang telah memberikan kami kepercayaan untuk melaksanakan program Garashi ini” tutur Ahmad Rifqi Fauzi.

Program ini akan terus diperkuat dengan menjalin kemitraan dengan dinas-dinas terkait serta stakeholder lain yang berkepentingan.  Salah satunya Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Bidang Pertanian DKPKP Prov. DKI Jakarta, Ir. Diah Meidianti, MM menyambut baik program yang sedang Tim PKM Trilogi jalankan. “Kami sangat senang Universitas Trilogi memiliki program yang dapat bersinergi dengan kami. Program ini tentunya sangat kami dukung dan kami akan siap membantu Trilogi dalam Pelaksanaan program tersebut jika dibutuhkan. Program penghijauan maupun pertanian perkotaan sejatinya sudah dan akan menjadi program pemprov di bawah kepemimpinan gubernur saat ini maupun gubernur terpilih”  tuturnya saat  temu koordinasi dan tindak lanjut kegiatan ‘Garashi’ bersama Universitas Trilogi pada Senin (28/7) ini.

Setelah koordinasi dan mendapat dukungan dari Kemenristek Dikti, Pemprov, tim ini dalam waktu dekat akan segera melakukan revitalisasi green house serta peningkatan pemanfaan green house bersama dengan kelompok warga rumah susun. Selanjutnya Tim akan memberikan pendampingan kepada pengelola green house supaya pemanfaatannya optimal dan memberikan manfaat baik bagi pengelola maupun warga rumah susun. Secara resminya program ini akan diluncurkan pada bulan Oktober 2017. (red)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *