Market Share Avanza di Jabar Capai 42 Persen

23 Juli 2017 / 10:25 WIB Dibaca sebanyak: 177 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom-Sejak pertama diluncurkan pada 2003 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan Toyota Avanza hingga saat ini mencapai 1,6 juta unit. Bahkan pertumbuhan tersebut terus meningkat setiap tahunnya. Di Jawa-Barat sendiri market share mobil sejuta ummat tersebut mencapai 42 persen.

Di tahun 2017 ini, Avanza masih memimpin di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan market share lebih dari 42 persen serta memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan Toyota di segmen MPV secara keseluruhan 44,4 persen.

“Di semester satu lalu, market share di Jawa-Barat avanza mencapai 42 persen atau terjual sekitar 4500 unit. Namun jika digabung dengan produk lainnya seperti Shienta dan Calya, mencapai 50 persen,” ungkap Area General Manager Jawa Barat PT Toyota Astra Motor (TAM) disela acara Avanzanation di Bandung Sabtu (22/7).

Salah satu yang mendongkrak penjualan produk Toyota selain karena peran media, juga komunitas. Karena itu, pihaknya berupaya mendekatkan dengan pelanggan. Salah satunya dengan menggelar even Avanzanation, program saling kumpul dan bertukar pengalaman sesama pengguna Avanza.

“Jujur saja, peran media dan komunitas sangat penting bagi kita. Hari ini sedikitnya 50 Avanza ikut memeriahkan even Avanzanation. Program ini kita gagas sejak 2008 lalu, dimana mulai dari ujung Sumatera Banda Aceh hingga Merauke dan mendapat sambutan luar biasa. Tahun ini kita gelar di 15 kota, dan ditutup di Manada dan Makassar,” tegas Dicky.

Sementara Ruri dari Komunitas Axic (Avanza Xenia Community) menjelaskan, ada sekitar 250 member tergabung di Axic. “Memang masih ada anggapan bahwa club mobil itu buang-buang duit, bikin macet jalan dan lain sebagainya. Namun di Axic, kita punya aturan yang tercantum didalam lima pilar, salah satunya safety riding atau keselamatan mengemudi dijalan raya. Tidak melulu life style atau hobby, kita juga punya program sosial, salah satunya melakukan renovasi masjid di Majalaya,” kata Ruri.

Avanza diluncurkan pertama pada 2003 dan menjadi pionir untuk kelas mpv. Dalam waktu deket pihak Toyota akan membuka outlet baru di Padalarang. (Adun)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *