KUMKM Jabar Kembali Cetak 1000 Wirausaha Baru

12 Maret 2017 / 18:23 WIB Dibaca sebanyak: 257 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com-Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas KUMKM Prov. Jabar kembali cetak 1000 wirausaha baru yang produknya digelar di Halaman Gedung Sate Bandung, Minggu (12/3). Gelar produk tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Deddy Mizwar.

Wagub Demiz dalam kesempatan diwawancara awak media menegaskan, Pemerintah provinsi akan terus mendorong terciptanya para wirausahawan baru (WUB) di Jawa Barat. “Saya optimis di Jawa Barat akan lebih banyak lagi para WUB, mengingat Jabar memiliki potensi pendukung untuk itu”, ujar Wagub.

Kita memiliki BUMN-BUMN, dan Perguruan Tinggi seperti IKOPIN yang siap membantu tumbuhnya wirausaha baru di Jawa Barat. “Jangan kalah oleh negara yang baru seperti Vietnam yang Indeks pengusaha barunya sudah mencapai 3,3 % dari jumlah penduduknya, sedangkan kita baru 3,1 %, jelas Wagub.

Wagub Demiz mengajak para lulusan perguruan tinggi untuk menjadi pengusaha baru, “ubah mindset lama “keinginan untuk menjadi pegawai negeri sipil”. Apalagi sekarang tidak ada penerimaan baru, tambah Wagub.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Agus Mucharom, menyatakan apresiasinya atas inisiatif Pemerintah provinsi Jawa Barat melakukan gelar produk bagi para usaha baru. “Ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan jumlah para wirausaha baru”, ujarnya.

Menurut Agus, berdasarkan hasil sensus ekonomi beberapa waktu lalu, jumlah wirausaha baru di Indonesia tidak lagi diangka 1,56 %, tetapi kini sudah mencapai 3,1 % dari jumlah penduduk Indonesia. Salah satu penyumbang meningkatnya WUB tersebut adalah adanya Program Pemerintah Jawa Barat mencetak WUB seperti saat ini menggelar produknya, imbuh Agus Mucharom.

Sekjen Kementrian KUKM Agus Mucharom berharap agar program ini terus diselenggarakan dan ditingkatkan, mengingat Jawa Barat memiliki potensi terutama para inisiator dan kreatornya.

Gelar produk 1000 wirausaha baru menjajakan berbagai produk, mulai produk jasa, makanan atau kuliner, pakaian, jaket, pakaian muslim dan aksesorisnya. Gelar produk ini berlangsung satu hari, pada hari Minggu (12/3) bertempat di Halaman Gedung Sate Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Demiz juga melaunching beroperasinya Rapat Anggota Tahunan (RAT Koperasi Online, marketplaces online dan melakukan teleconference dengan para pedagang di Pasar Ciroyom Mall.

Juga dilakukan MOU antara Bank BJB dengan para wirausahawan baru mengenai paket pinjaman kredit.


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *