Kota Bandung dilirik Investor Mancanegara

27 September 2016 / 23:25 WIB Dibaca sebanyak: 436 kali Tulis komentar

9p1m-kota-chandlerBANDUNG BB.Com–Kota Bandung kembali dilirik investor mancanegara. Kali ini, penjajakan kerja sama akan dilakukan dengan Kota Chandler dari Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat. Pertemuan dengan Kevin Hartke, perwakilan Kota Chandler dilakukan di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung, Senin (26/09/2016).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil memaparkan potensi-potensi kerja sama yang dapat dijajaki antara kedua kota di beda negara ini.

Kota Bandung, dijelaskan Ridwan, adalah kota kreatif dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 8%, salah satu yang tertinggi di Indonesia. Sebagian besar industri kreatif diramaikan oleh sektor KUKM. Terlebih setelah ijin usaha untuk modal di bawah 500 juta rupiah dihilangkan, industri kecil dan menengah tumbuh pesat hingga 30 ribu dalam waktu enam bulan.

“Minggu depan, kami akan membuka flag store Little Bandung di Malaysia, dua toko sekaligus,” imbuh Ridwan, menunjukkan progresivitas Kota Bandung dalam membangun ekonomi kreatifnya, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara.

Ia juga menerangkan salah satu investasi yang ditanamkan di Kota Bandung kepada Kevin. “Di Kota Bandung akan membangun industri untuk teknologi aerospace. Bukan untuk pasar Indonesia tetapi untuk pasar global bekerja sama dengan Amerika Serikat. Nilai investasinya mencapai 2 Trilium rupiah,” papar Ridwan.

Kota Bandung, melalui peran aktif wali kota, tengah membentuk koalisi untuk membangun konsep kota cerdas di tiga benua, yakni Amerika, Eropa, dan Asia. Ridwan ingin menunjukkan bahwa Bandung memiliki peranan dan pengaruh yang signifikan dalam mengibarkan bendera smart city di Asia.

“Kita punya pasar yang cukup luas. Tinggal kita cari tahu, kemitraan seperti apa yang memungkinkan untuk kita jalin,” kata Ridwan.

Pihak Kota Chandler masih mencari-cari potensi dan peluang kerja sama yang akan dijajaki di Kota Bandung. Namun secara langsung, Ridwan mengemukakan kebutuhan-kebutuhan Kota Bandung yang mungkin bisa didapatkan melalui kerjasama bilateral.

“Kami dipenuhi dengan sumber daya manusia. 2,3 juta penduduk Kota Bandung. Kami ingin adanya peningkatan sumber daya manusia yang barangkali bisa didapatkan dengan pelatihan dan pertukaran ke Amerika,” tutur Ridwan.

Ia berharap pertukaran sumberdaya manusia dapat meningkatkan kualitas SDM di Kota Bandung.

“Bisa dengan saling bertukar mahasiswa, seniman, atau pendidikan dan pelatihan bagi staf pemerintahan,” tambahnya.

Kevin menyambut paparan Ridwan dengan antusias. Ia mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan jamuan yang sangat baik di Kota Bandung.

“Kami sangat mengapresiasi kemurahan hati Anda. Kami berharap kita dapat bekerja sama dalam berbagai sektor, terutama di bidang teknologi dan sumber daya manusia,” tutur Kevin. (ris/kur)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *