Keberhasilan PON XIX/2016 diabadikan Dalam Sebuah Buku Bertajuk “Menuju Jabar Kahiji Jabar Ngahiji”

1 Februari 2017 / 20:46 WIB Dibaca sebanyak: 336 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com – Keberhasilan Provinsi Jawa Barat dalam perhelatan PON XIX/2016 merebut Juara Umum (Jabar Kahiji) dengan menyabet 217 medali Emas, 157 perak dan 157 perunggu total 531 medali. Keberhasilan para pejuang atlet Jabar mewujudkan Jabar Kahiji, berkat dukungan semua komponen pemerintah, Swasta dan masyarakat, bahu membahu mewujudkan visi “Jabar Kahiji, Jabar Ngaiji.

Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin mengatakan, kunci keberhasilan Jabar pada PON XIX/2016 lalu, berkat dukungan pemerintah provinsi dan seluruh Kabupaten/kota melalui kebijakan memberikan dukungan penuh bagi persiapan kontingen, sehingga dapat dikerahkan “Fund and Forces” dan kekuatan dukungan masyarakat.

Alhamdulillah, tekad dan target Jabar Kahiji Jabar Ngahiji, akhirnya benar-terwujud dan kita berhasil membuat sejarah, untuk itu, agar keberhasilan PON XIX dapat melekat dan melegenda bagi generasi yang akan datang. Maka KONI Jabar mengabadikan keberhasilan ini dalam sebuah buku yang bertajuk “ Menuju Jabar Kahiji Jabar Ngahiji , Sebuah Refleksi Manajemen Olahraga Kontemporer”.

Peluncuran buku “ Menuju Jabar Kahiji Jabar Ngahiji” yang secara simbolis ditandai dengan penyerahan buku dari Ketua Koni Jabar, Ahmad Saefudin kepada Sekda Jabar, Iwa Karniwa di Gedung Merdeka Bandung, Selasa (31/01), yang sekaligus dilangsungkan acara bedah buku.

Adapun dasar pemikiran diterbitkannya buku ini, sesuai dengan harapan dan pemikiran Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang menginginkan bahwa setelah selesai penyelenggaraan PON XIX/2016 di Jabar harus ada pedoman yang bisa dijadikan bahan masukan untuk penyelenggaraan PON berikutnya.

Selama persiapan, pelaksanaan dan pasca PON, dengan motto Catur Sukses yaitu Sukses Penyelenggara, Sukses Prestasi , Sukses Ekonomi Kerakyatan dan Sukses Administrasi yang dicanangkan Guburnur. Kita dari KONI berada di Sukses Prestasi dapat menyuwudkannya. Jadi buku ini dibuat/ ditulis dari kacamata keilmuan olahraga, yang menyatukan visi, misi dunia olahraga dalam mewujudkan prestasi terbaik. Dan ternyata, apa yang kita lakukan sudah benar yaitu merbut Juara Umum PON XIX/2016. .

Ahmad Saefudin mengungkapkan penyusunan buku ini hanya dalam waktu 2 bulan, hal ini karena KONI Jabar didukung oleh Prof.Dr.Rusli Lutan, Dr.Yunyun Yudiana,M.Pd, Dr.Yusuf Hidayat,M.Si dan Dr.Boyke Mulyana,M.Pd.

Pada edisi perdana ini kita mencetak 5000 eksemplar. Nantinya, kata dia, buku-buku itu akan disebar ke pemerintah Provinsi Jabar dan provinsi-provinsi lain, dinas-dinas di lingkungan Provinsi Jabar dan tokoh masyarakat.

“Harapan kita lewat buku ini, bisa menjadi standar proses pembinaan olah raga di Indonesia, sehingga akan muncul atlet-atlet berprestasi ditingkat nasional dan Internasional. Hal ini yang telah kita lakukan dan buku ini layak jadi reperensi baik provinsi lain dalam meningkat prestasi atletnya masing-masing, ujarnya.

Sementara itu, Ketua umum KONI Pusat Tono Suratman menyambut baik hadirnya buku Menuju Jabar Kahiji, Jabar Ngahiji tersebut. Dia berharap hadirnya buku tersebut bisa semakin memotivasi provinsi lainnya untuk meraih prestasi yang sama.

Selama persaingan posisi empat besar hanya ada di Jawa, yaitu DKI, Jatim, Jabar dan Jateng, mudah-mudahan kedepan prestasi atlet provinsi diluar jawa juga mengalami kemajuan, harapnya. (ded/sen)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *