Karang Taruna Punya Kekuatan Jaringan

14 November 2016 / 07:05 WIB Dibaca sebanyak: 264 kali Tulis komentar

deddy-mizwarKAB.BANDUNG BB.Com-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Karang Taruna memiliki kekuatan yang besar untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan, kekuatan tersebut terdapat pada konektivitas, atau jaringan organisasi Karang Taruna itu sendiri.

Deddy menuturkan, organisasi Karang Taruna yang mengakar dari tingkat nasional hingga tingkat RW, bahkan RT, merupakan jaringan yang kuat dalam membangun sebuah bisnis.

Hal ini Ia ungkapkan pada Acara Pencanangan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016, di Halaman Kantor Kecamatan Ciwidey, Sabtu (12/11/2016).

“Inovasi, networking, enterpreneurship perlu dikembangkan oleh Karang Taruna. Dengan jaringan yang kuat dan luas, dari tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten, bahkan tingkat RT/RW, itu jaringan bisnis yang luar biasa,” Kata Deddy Mizwar.

Deddy mencontohkan kreativitas yang telah dilakukan karang taruna Provinsi Jawa Barat di Karawang. Mereka mengemas beras yang dihasilkan petani di Karawang, dengam kemasan yang menarik, dan menjualnya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Hal yang dilakukan tersebut mampu memutus mata rantai tengkulak dengan petani.

Dalam contoh lain yang Deddy harapkan, setiap karang taruna di daerah tertentu dapat mengembangkan komoditas yang berdaya jual di daerahnya, setelah itu, dengan jaringan yang ada, ketika di daerah lainnya membutuhkan, atau kekurangan komoditas tertentu, Karang Taruna yang memiliki komoditas yang dibutuhkan, bisa langsung mensuplainya. Itulah jaringan bisnis, sekaligus jaringan sosial, yang Deddy harapkan mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan, yang dapat berefek pada penekanan inflasi di daerah.

“Jadi misalkan ada panen jeruk di Kabupaten Bandung, mungkin di Cimahi, atau di Kota Bandung kekurangan jeruk, ngapain ngambil dari luar, Karang Taruna harus tau tentang itu. Cabe di Garut panen, Soreang kekurangan cabe, ngapain beli di pasar induk, langsung saja dari Garut datangkan, kan bisa lebih murah, ini juga akan mencegah inflasi daerah yang tinggi, karna informasi dan networking,” Papar Deddy. (**)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *