Jabar Akan Pertahankan Juara Umum di PON 2020 Papua

29 Desember 2016 / 13:50 WIB Dibaca sebanyak: 310 kali Tulis komentar

KARAWANG BB.Com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2016. Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, hadir langsung menutup RAT yang dihadiri para pengurus KONIDA kabupaten/kota serta pengurus cabang olahraga se-Jabar di Hotel Mercure, Jalan Galuh Mas Raya, Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Jumat sore (23/12).

Rapat yang digelar pada 22-23 Desember 2016 ini mengambil Tema “Melalui Rapat Anggota Tahunan KONI Jawa Barat, Kita Tingkatkan Soliditas Insan Olahraga untuk Mempertahankan Jabar ka Hiji di Tanah Papua”. Sejalan dengan tema tersebut, RAT pun menghasilkan tekad untuk mempertahankan gelar “Jabar ka Hiji” atau Juara Umum untuk PON XX/2020 di Papua dan Peparnas XVI/2016 Papua.

Hal ini pula yang disampaikan Wagub Deddy Mizwar dalam sambutannya. Pemprov Jabar berharap seluruh jajaran KONI dan Pengurus Cabang Olahraga Provinsi Jawa Barat untuk melakukan tahapan persiapan sejak dini, terutama melalui upaya pembibitan, pembinaan, dan pengembangan atlet muda potensial.

“Pesta olahraga empat tahunan yaitu PON ke-20 sebagai barometer pembinaan prestasi olahraga antarprovinsi, yang insha Allah akan digelar di Tanah Papua pada tahun 2020, menjadi pertaruhan kita bersama untuk membuktikan tagline “Jabar ka Hiji” yang telah kita raih, agar dapat terus dipertahankan,” harap Demiz, sapaan akrab Deddy Mizwar.

Hal lainnya, lanjut Demiz, KONI serta para stakeholder lainnya di bidang olahraga yang ada di Jabar perlu fokus menyiapkan generasi penerus atlet senior yang sudah harus pensiun. Untuk itu, perlu peningkatan kuantitas dan kualitas turnamen, kejuaraan, pertandingan, ataupun perlombaan olahraga di setiap tingkatan. Selain itu, keberadaan venues dan peralatan pertandingan yang digunakan pada PON yang ada di 16 kabupaten/kota juga menjadi modal yang sangat berharga.

“Saya juga pesan, ke depan KONI dapat terus melahirkan program-program yang inovatif, terutama dalam menggalang partisipasi dan kontribusi berbagai pihak dalam menggerakkan roda pembinaan  olahraga prestasi di Jabar, baik dengan perguruan tinggi, komunitas, swasta, dan masyarakat,” kata Demiz.

“Untuk menyambut Asian Games 2018, saya juga berharap KONI dapat mendorong sebanyak-banyaknya atlet unggulan Jabar untuk masuk dalam Pelatnas, sehingga atlet Jabar dapat benar-benar menjadi kekuatan inti nasional,” pungkasnya.

Tekad ini pun menjadi motivasi bagi para pengurus KONI Jabar. Melalui RAT ini, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin, mengungkapkan agar segala out put yang disampaikan dalam RAT ini bisa segera ditindaklanjuti.

“Mudah-mudahan out put yang saudara-saudara di rapat komisi sudah disampaikan. Mudah-mudahan kita mampu segera menindaklanjutinya untuk kemajuan kita dalam rangka meningkatkan dan memelihara prestasi olahraga Jabar,” ujar Ahmad dalam sambutannya.

Dalam waktu dekat KONI Jabar pun tengah mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan PORPROV ke-13 dan PEPARPROV ke-5 Tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor. (***)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *