Duta Seni Pelajar 2016 Digelar di Kota Bandung

20 Juli 2016 / 22:19 WIB Dibaca sebanyak: 825 kali Tulis komentar

pelajar 2016BANDUNG BBCom-Para pelajar dari 6 provinsi se-Jawa, Bali dan Lampung mengikuti kegiatan “Duta Seni Pelajar 2016” yang kali ini digelar di Kota Bandung, Jawa Barat. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka langsung kegiatan ini di Hotel Horison, Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 121, Kota Bandung pada Rabu malam (20/7/16).

Wakil Gubernur Deddy Mizwar didampingi istri R. Giselawati Mizwar dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida, bersama ketua kontingen dari 6 provinsi, yakni Lampung, DKI Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta, Banten, dan Jawa Barat, menancapkan gugunugan, sebagai tanda resmi dibukanya kegiatan yang akan berlangsung dari 20 – 23 Juli 2016.

Duta Seni Pelajar ini mengambil tema “Generasi Muda yang Kreatif dan Handal sebagai Pewaris Budaya Bangsa”. Dalam sambutannya, Wagub Deddy Mizwar mengatakan bahwa generasi muda adalah pewaris masa depan bagi sebuah bangsa.

Namun, tantangan generasi muda saat ini menurut Wagub tidaklah mudah. Narkoba, kekerasan fisik, psikis, dan seksual yang marak terjadi sebagai dampak negatif dari globalisasi bisa menjadi penghancur kualitas generasi muda kita saat ini.

“Untuk menyelamatkan bangsa ini dari jurang kehancuran, tidak cukup dengan membekali generasi muda pengetahuan melalui jalur pendidikan formal, melainkan harus juga dibekali dengan pendidikan karakter sebagai pondasi untuk membangun generasi penerus yang memiliki kekuatan moral dan budi pekerti yang luhur,”, kata Wagub.

“Itulah sebabnya pendidikan karakter sejatinya diberikan sejak dini, bahkan sebelum pelajaran formal diperkenalkan,” tambahnya.

Salah satunya adalah kesenian. Wagub yang juga aktor kawakan Indonesia ini mengungkapkan, bahwa berkesenian adalah sebuah pilihan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Seni bisa menjadi kekuatan diplomasi dengan negara-negara lain. Untuk itu, generasi muda diharapkan dapat memaknai serta menerapkan nilai-nilai luhur seni budaya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi pribadi yang berkarakter serta menjadi perekat tali persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan berbangsa dan bernegara.

“Kita harapkan dari bertemunya para pelajar dari enam provinsi dengan seni budaya masing-masing, kita bisa lebih mengenal. Jadi dari Jawa Barat tahu tentang Lampung, Jawa Timur dan segala macam,” ujar Wagub kepada awak media usai acara.

“Jadi kita mengharapkan juga kebersamaan, persatuan kita bahwa keberagaman tadi bukan untuk memecah belah kita tapi bisa semakin mempererat. Yang penting mereka belajar tentang keindonesiaan, seni dan budaya tradisi yang ada di Indonesia, belajar mencintai apa yang ada di bumi Indonesia. Nah, inilah yang menjadi salah satu kekuatan karakter bangsa,” paparnya.

Tahun ini merupakan kesempatan yang ketiga kalinya bagi Jawa Barat bertindak sebagai tuan rumah. Jawa Barat mengirimkan sebanyak 39 orang pelajar untuk ikut berpartisipasi dalam Duta Seni Pelajar 2016 ini. Mereka adalah siswa-siswi SMP dan SMA pilihan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

Selama 4 hari ini, para pelajar akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti mengunjungi objek wisata dan budaya yang ada di Jawa Barat. Selain itu, mereka juga akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan keahliannya dalam bidang seni pertunjukkan di Kampus ISBI Bandung. (BBCom)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *