DPRD: Minta Pemerintah Jabar Serius Mengantisipasi Bencana

JABAR BBCom-DPRD Provinsi Jawa Barat meminta pemerintah lebih serius dalam mengantisipasi berbagai potensi bencana. Seperti diketahui, Jawa Barat merupakan provinsi dengan potensi kebencanaan paling besar di Tanah Air.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Waras Wasisto, menuturkan, penataan lingkungan mutlak harus dilakukan. Hal ini menjadi kunci dari pencegahan bencana baik saat musim kemarau terlebih di musim hujan.

Sebagai contoh, menurutnya pemerintah harus menormalisasi kawasan hulu sungai. Penghijauan harus dilakukan mengingat saat ini banyak wilayah hulu yang ‘gundul’ akibat alih fungsi dan penebangan pohon secara liar.

“Bahkan sampai hilir, enggak hanya di hulu,” kata Waras di Bandung, Jumat (8/9). Dia menyebut, bencana banjir di Garut beberapa waktu lalu sebagai dampak kerusakan lingkungan di wilayah hulu Sungai Cimanuk.

Dia pun meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota tidak hanya memprioritaskan ancaman banjir langganan di Kota Bekasi dan Kabupaten Bandung, tetapi haru memperhatikan juga daerah lainnya. Menurut dia, musim penghujan nanti ancaman bencana banjir di

kota/kabupaten di Jabar bisa saja terjadi, sehingga harus ada upaya pencegahan risiko bencana.

“Banjir ini harus diperhatikan, karena selama ini kita tidak pernah dengar ada banjir di Garut, lalu tiba-tiba ada banjir. Kemudian di Subang, di Indramayu, ini harus kita antisipasi,” katanya.

Dia menambahkan, selain antisipasi bencana banjir, Pemerintah Provinsi Jabar juga harus selalu menyiapkan anggaran bencana alam yang cukup untuk membantu tanggap darurat apabila terjadi bencana di kota/kabupaten. “Harus selalu ada anggaran taktis untuk penanggulangan bencana di Jabar ini,” kata Waras. (hms/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *