DPRD Jabar Minta Pemprov Antisipasi Dampak Kekeringan

8 Agustus 2017 / 17:49 WIB Dibaca sebanyak: 154 kali Tulis komentar

JABAR BBCom-DPRD Provinsi Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengantisipasi dampak kekeringan pada 2017. Seperti diketahui, hingga saat ini masih memasuki musim kemarau yang diprediksi puncaknya terjadi bulan ini.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Haris Yuliana mengatakan, pihaknya bersama eksekutif memang telah melakukan rapat koordinasi terkait hal ini. Namun, kata dia, menurutnya upaya pencegahan harus dimaksimalkan.

“Sebenarnya pemprov dengan kami telah mengadakan rakor soal antisipasi kekeringan ini. Tapi kami berharap dan minta pemprov terus mengantisipasi dampak kekeringan,” kata Haris, Minggu (8/8).

Dia pun mengapresiasi langkah Pemprov Jawa Barat yang telah melakukan rakor untuk mengantisipasi dampak kekeringan dengan DPRD Jawa Barat. “Ini artinya kekeringan sudah terprediksi oleh pemprov,” kata dia.

Dia berharap akan ada hasil berupa antisipasi dampak kekeringan dari hasil rakor tersebut. “Kekeringan ini tidak bisa dihindari jadi harus ada antisipasi seperti pompanisasi atau pembagian air bersih kepada warga,” kata dia.

Menurut dia, sejumlah dinas terkait di lingkup Pemprov Jawa Barat bisa segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi kekeringan. “Kita tahu masih ada kabupaten/kota di Jawa Barat yang belum memiliki BPBD, jadi kami harapkan BPBD Provinsi Jawa Barat bisa memback-up hal tersebut,” kata dia.

Selain itu, lanjut Haris, harus ada koordinasi lintas sektor terkait antisipasi dampak kekeringan di Jawa Barat. “Urusan kekeringan ini bukan hanya terkait dengan BPBD tapi dinas lainnya juga,” kata dia.

Haris menyontohkan ketika musim kemarau melanda Dinas Pertanian harus melakukan sosialiasi ke masyarakat di wilayah utara Jawa Barat tentang tananam apa saja yang kuat ditanam saat musim kemarau. “Kita tahu di Pantura Jabar itu terkait produksi hasil bumi seperti padi dan lain-lain kalau musim kemarau tiba, sedangkan di perkotaan lebih kepada akses pada air bersih,” kata dia. (hms/red)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *