DPRD Dukung Peningkatan Status Polresta Bekasi Menjadi Polres Metro Bekasi Kota

13 Agustus 2016 / 20:31 WIB Dibaca sebanyak: 1131 kali Tulis komentar

bekasiBANDUNG BB.Com– DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung peningkatan status Polresta Kota Bekasi menjadi Polres Metro Bekasi Kota. Hal itu ditinjau dari berbagai aspek yang menunjang pada peningkatan status.

Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat, H.Syahrir, SE mengatakan, dalam menindaklanjuti surat rekomendasi dari kepolisian bahwa untuk peningkatan status institusi satuan kepolisian di suatu wilayah harus mendapat persetujuan dari DPRD Provinsi. Sebab, selain berhubungan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah juga potensi strategis.Dalam silaturahminya, Syahrir bertemu langsung dengan Kapolresta Bekasi Kota yang baru, Kombes Pol Umar Surya Fana.

“Hadirnya kami dari Komisi 1 Ke Polresta Bekasi Kota atas tindaklanjut surat rekomendasi terkait peningkatan status dari Polresta menjadi Polres Metro Bekasi Kota,”ujar Syahrir di Mapolresta Bekasi Kota, Kota Bekasi, Rabu (10/8/2016)

Terkait rekomendasi peningkatan status ini, tentunya lanjut Syahrir sesuai dengan peraturan Kapolri tentunya harus memiliki tahapan dan persyaratan. Salah satu syaratnya adalah sebaran jumlah Polsek diseluruh wilayah Kota Bekasi. pasalnya, sebaran polsek bedampak pada banyaknya potensi aduan dari masyarakat.

“Karena jumlah polsek ini berpengaruh terhadap banyaknya jumlah aduan dari masyarakat,”tambahnya.

Dengan jumlah 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi Polresta Bekasi Kota sudah memiliki delapan Polsek dan satu Polsek yang masih dalam tahap pembangunan di Kecamatan Jatisampurna.

“Setelah kami meninjau langsung dan mendengar langsung pemaparan pak Kapolres kami menilai Kota Bekasi sudah layak memiliki Polres Metro Bekasi Kota,”ucap Syahrir sambil menambahkan dengan peningkatan status ini kedepannya pelayanan Polres akan semakin maksimal untuk masyarakat Kota Bekasi.

Hal serupa ditambahkan anggota Komisi I DPRD lainnya, Hasbullah Rahmad. Menurut dia, pihaknya mendukung peningkatan status Polresta menjadi Polres Metro Bekasi Kota. Mengingat beban kerja kepolisian di Kota Bekasi sangat berat dan banyak menyimpan beragam kasus, sedangkan personil dan ruangan kerja atau tempatnya tidak memadai. Sehingga lahan untuk ditempati nanti setelah naik statusnya harus dipertimbangkan.

“Ibaratnya beban kerjanya tinggi tapi rumahnya kecil,” tandas Hasbullah.

Seperti diketahui, informasi terkait peningkatan status Polresta Bekasi Kota sudah bergulir sejak 2015. Dan jika nanti sudah ada peningkatan status akan mempengaruhi jumlah personil kepolisian di Polres Metro Bekasi Kota serta jumlah Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) akan bertambah menjadi dua AKBP. (ags)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *