Disdik Jabar Gelar FGD Pengelolaan Informasi Publik

24 November 2017 / 08:26 WIB Dibaca sebanyak: 198 kali Tulis komentar

JABAR BBCom-Humas merupakan bagian yang strategis dari suatu lembaga, karena di era digital ini semua informasi sudah dapat diakses oleh masyarakat soal kinerja program pemerintah. Maka untuk membangun perspektif publik secara positif, diperlukan kinerja humas yang efektif dengan pengelolaan komunikasi publik yang baik dan benar. Hal itu sampaikan Sekretatis Dinas Pendididikan Jawa Barat, (Disdik Jabar), Firman Adam.
Sehubungan dengan hal tersebut, menjelang adanya pembentukan SOTK baru  (Disdik) Provinsi Jawa Barat, bekerja sama dengan Humas Provinsi,  menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Program Kohumasan Publik yang diselenggarakan di Hotel Grand Hani Lembang, Kabupatena Bandung Barat (KBB), Rabu (22/11).

Kegiatan yang  dihadiri oleh para staf  Balai Pendidikan dari Kabupaten/Kota di Jabar ini, juga tampak dihadiri praktisi pendidikan dan sejumlah wartawan pokja pendidikan di Jabar.
Menurut Firman, kegiatan FGD ini sebagai awal permulaan untuk membangun informasi yang lebih baik lagi. Dia mengatakan, forum diskusi ini mendorong praktisi humas, baik di lingkungan sekokah maupun di Disdik Jabar itu sendiri, untuk meningkatkan wawasan berkomunikasi dan pembinaaan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi.

“Selain itu, melalui forum ini diharapkan peserta yang hadir akan mendapatkan pemahaman dan peningkatan untuk menyinergikan informasi publik,” paparnya.

Ditambahkannya, ke depan akan digelar lagi FGD untuk menghadirkan semua staf humas di sekolah agar dapat menambah wawasan di bidang kehumasan. Hal ini, kata Firman, semenjak alihkelola pendidikan menengah SMA/SMK ke provinsi, urusan pendidikan di Jabar semakin berkembang. Dulu sekolah negeri SMA/SMK dan SLB jumlahnya hanya ratusan. Tetapi sekarang, jumlah sekolah negeri itu meningkat sudah mencapai di ribuan.

“Persolan ini yang harus kita sikapi bersama demi terwujudnya mutu pendidikan berkualitas di Jabar. Oleh sebab itu, saya minta kepada Humas Jabar sebagai struktur tertinggi di bidang kehumasan untuk memberikan pembinaan agar pelayanan khususnya di sektor pendidikan ini dapat berjalan baik,” pintanya.
Kegiatan tersebut  menghadirkan narasumber dari Kabag Humas  Setda Provinsi Jabar  Ade Sukalsah sebagai pemateri.

Ketua Panitia Kabag Umum Kepegawaian, H. Mulyana, usai kegiatan diskusi kepada wartawan mengatakan tujuan kegiatan FGD Pengelollaan Program Kehumasan ini, diselenggarakan  untuk meningkatakan serta menyinergikan berbagai informasi yang berkembang di lingkungan pendidikan.

Dia menyadari bahwa tuntutan masyarakat semakin tinggi dalam kebutuhan informasi yang transparan, akurat, dan cepat, maka khususnya Disdik Jabar dibantu Humas Provinsi  melakukan pembenahan di berbagai aspek.

“Ini agar kinerja atau pelayanan di lingkungan pendidikan dapat semakin baik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya. (***)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *