Diduga Dana Desa Panca Tunggal Benawa Sp 2 Kurang Tepat Sasaran

7 Februari 2018 / 12:36 WIB Dibaca sebanyak: 375 kali Tulis komentar

KAYUAGUNG BBCom-Dana Desa (DD) di Desa Panca Tunggal Benawa Sp 2 Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendapat sorotan dari masyarakat. Pasalnya DD yang disalurkan Pemerintah Pusat untuk perbaikan Desa diduga kurang tepat sasaran.

Dugaan tersebut timbul berdasarkan data yang berhasil dihimpun di Desa Panca Tunggal Benawa Sp 2 didapati ada beberapa penyimpangan anggaran yang dilakukan oleh oknum.

Diduga, dalam menyusun anggaran proyek hingga membangun sarana dan prasarana pedesaan, oknum desa ini tidak melibatkan perangkat desa. Padahal untuk laporan penggunaan anggaran DD membutuhkan tanda tangan perangkat desa dari tingkat Kepala Urusan (Kaur) hingga Tokoh masyarakat setempat.

Anehnya, proyek pengerasan jalan yang termasuk didalam anggaran DD Tahun 2016 sepanjang 2 KM, hanya dibangun tidak lebih dari 600 Meter saja. Seharusnya dicor, namun sekarang jalan yang menyerupai huruf T ini cuma dihamparkan batu split, sehingga tajamnya batu split justru berpotensi menimbulkan kecelakaan pada pengendara yang melintasi jalan tersebut.

“Meskipun harus menempuh jarak lebih jauh, dengan jalan tidak mulus ini, membuat Kami harus mencari jalan alternatif tidak melewati jalan ini,” ujar salah satu warga yang ditemui melintas didepan Kantor Desa seraya menambahkan untuk Tahun 2016 DD yang diterima desanya sebesar Rp.626.588.000.

Sementara Kaur Pembangunan Eko, ketika dikonfirmasi tidak dapat menjelaskan rincian penggunaan dana dengan alasan dari awal penerimaan DD dirinya beserta perangkat lainnya tidak dilibatkan. (pani games)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *