Demiz : FFJB 2016 Ruang Kreativitas Sineas Film Pendek

4 Oktober 2016 / 19:03 WIB Dibaca sebanyak: 401 kali Tulis komentar

demizBEKASI BB.Com–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar resmi membuka Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2016 untuk wilayah BKPP II, di Gedung Pertemuan Kampus Universitas Islam 45 (Unisma) Kota Bekasi, Senin (03/10/16) sore.

Screening atau pemutaran film pendek karya sineas-sineas muda asal Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta akan diputar hingga Selasa 4 Oktober 2016.

Wagub Deddy Mizwar mengungkapkan, diadakannya FFJB adalah untuk memberikan ruang kreativitas bagi komunitas film pendek di Jawa Barat sehingga para sineas ini bisa saling mengenal dan belajar mengenai pembuatan film.

“Kita ingin berikan ruang kreativitas untuk komunitas film yang begitu besar agar mereka bisa saling mengenal, saling melihat karya temannya,” ungkapnya.

Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selaku penyelenggara juga ingin memberikan penghargaan bagi para pembuat film pendek di Jabar yang memiliki karya berkualitas. Film-film tersebut juga nantinya akan diikutsertakan pada festival-festival film pendek bertaraf internasional.

Digelarnya FFJB untuk tahun keduanya ini menurut Wagub yang memiliki segudang pengalaman di perfilman nasional, diharapkan akan mendorong industri film di Indonesia. Apresiasi dari masyarakat juga akan meningkat setelah menyaksikan karya-karya para sineas yang konten filmnya banyak berisi tentang kritik sosial, hiburan, budaya dan kreasi lainnya.

“Kita harapkan apresiasi dari masyarakat akan meningkat setelah nonton ini sehingga berdampak pada meningkatnya industri perfilman kita,” ujarnya.

Tidak hanya film pendek, FFJB 2016 kali ini ada kategori baru yang dilombakan yaitu video musik. Dengan harapan peserta FFJB 2016 akan melebihi peserta di FFJB pertama tahun 2015 yaitu sebanyak 236 peserta.

“Jadi tidak hanya Jabar, kita juga akan membuka untuk seluruh Indonesia, kita akan berikan special awarding bagi mereka, agar film ini tumbuh dimanapun, bahkan di Papua pun sudah ada film independen bukan hanya di Jabar,  supaya kita ada pembanding,” ungkap Wagub.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Ida Hernida mengatakan, Screening FFJB 2016 akan dilakukan di lima wilayah BKPP Jabar sampai tanggal 20 Oktober 2016. Tiga film terbaik yang terpilih dari setiap wilayah BKPP akan kembali dilombakan pada acara puncak FFJB 2016 tanggal 12 November 2016 mendatang di Dago Tea House Kota Bandung.

“Tiga film yang masuk nominasi per BKPP akan masuk final di Dago nanti dan akan kita berikan hadiah uang pembinaan bagi mereka,” kata Ida.

“Luar biasa sekali pertumbuhan film pendek di Jabar. Banyak embrio dan bakat-bakat terpendam yang harus difasilitasi, FFJB inilah wahananya,” pungkasnya.


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *