Danau Teloko Akan Dikembangkan Menjadi Wisata Desa

6 Februari 2017 / 10:40 WIB Dibaca sebanyak: 476 kali Tulis komentar

KAYUAGUNG BB.Com– Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi disektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kab-OKI) akan mengembangkan Danau Teloko menjadi tujuan wisata,  keindahan alam di danau tersebut tidak kalah dengan danau yang ada didaerah lain.

Menurut Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar, SE  dalam waktu dekat dilokasi Danau Teloko akan dikembangkan menjadi wisata desa, karena potensi yang dimiliki lokasi tersebut, sangat bagus untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

“Kita akan buat konsep pengembangannya kepariwisataan berbasis masyarakat diantaranya Wisata alam, wisata agro, seni dan budaya. Karena danauTeloko memiliki potensi tinggi di bidang wisata air.” Ujar H. Iskandar, SE saat mengunjungi danau Teloko (4/2).

Dikatakannya, Pengembangan desa wisata dapat terealisasi karena sektor pariwisata saat ini tengah dikebut pertumbuhannya oleh pemerintah pusat bahkan diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Kabupaten OKI  banyak memiliki potensi dibidang wisata air di antaranya Pantai Maspari dan Tanjung Menjangan serta kawasan Kota lama di pinggiran Sungai Komering. Hanya saja, masih butuh sentuhan bisnis untuk dijadikan wisata unggulan. Danau Teloko terletak di Desa Teloko, Kecamatan Kota Kayuagung. Menuju ke danau ini pun tidak jauh. Kurang dari setengah jam dari pusat Kota Kayuagung.

Danau Teloko memiliki hamparan kurang lebih seluas 500 ha. Uniknya, di tengah danau terdapat pulau terapung yang ditumbuhi pepohonan, untuk menuju lokasi danau, pengunjung harus naik sampan mengarungi sungai, tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik bagi wisatawan yang baru pertama kali datang dan berkunjung ke danau Teloko.

Camat Kota Kayuagung, Dedy Kurniawan menjelaskan potensi danau ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat selain sumber daya  perikanannya, air danau yang tidak pernah mengering di manfaatkan jadi sumber air bersih oleh PDAM Tirta Agung.

“Sejauh ini Danau Teloko sangat bermanfaat untuk masyarakat. Potensi ini akan kita kembangkan lagi agar menjadi potensi wisata baru di Kecamatan Kota Kayuagung,” Ungkap Dedy.

Potensi danau teloko ini, menurut Dedy, bisa beriringan dengan pengembangan wisata air sungai Komering. “Kedepan kita bisa jual paket wisata desa, misalnya adventure ke Danau Teloko dari kawasan kota lama sungai Komering. Tentu itu akan mengundang daya tarik wisata serta melibatkan banyak sektor juga agar menggugah masyarakat mencintai sungai Komering dan Danau Teloko itu sendiri,” jelas Camat penuh inovasi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKI H. Amirudin, S. Sos mengatakan, Danau Teloko sebelumnya sudah masuk dalam rencana strategis pengembangan pariwisata Kabupaten OKI sejak tahun 2013, dan telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten OKI, namun pengelolaannya belum maksimal.

“Ke depan kita buatkan DED untuk pengembangan wisata Danau Teloko ini agar menjadi destinasi wisata baru dengan konsep desa wisata. Apalagi posisinya mudah dijangkau. Dalam jangka pendek kita serahkan ke desa agar menjadi sumber pendapatan bagi dan dikelola BUMDES setempat,” ungkap Amir. (pani)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *