Bumdes Desa Marga Jaya Dapat dijadikan Contoh Buat Desa Lain

16 November 2017 / 19:29 WIB Dibaca sebanyak: 165 kali Tulis komentar

CIAMIS BBCom-Pembangunan infrastuktur di Desa Marga Jaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis sedang giat giat nya di lakukan setelah dana desa tahap dua diterima.

Pembangunan infrastuktur tersebut meneruskan pembangunan sebelumya di tahap satu, ada tiga dusun yang menjadi titik pembangunan tersebut diantara nya dusun Sukasari, dusun Cimarga dan dusun Pasir Angin ada pun pembangunan tersebut terfokus pada pengerasan dan rabat beton, selebihnya untuk modal Bumdes.

Bumdes itu sendiri akan bergerak dalam penyewaan peralatan proyek dan penyediaan obat obatan khusus pertanian karena mayoritas warga masyarakat bergelut di bidang pertanian.

“Kegiatan pembangunan infrastuktur yang bersumber dari dana desa ini kami fokuskan di infrastruktur ya seperti pengerasan jalan dusun dan juga rabat beton” ungkap Sekdes Marga Jaya lin Herlina kepada BBCom.

Menurutnya,modal buat Bumdes “Bumdes Desa Marga Jaya dalam pengelolaan nya bergerak di dalam penyewaan Alat alat pembangunan diantaranya penyewaan molen dan lainya, juga menyediakan obat obatan khuaus buat tanaman terutama pertanian, karena disini mayoritas warga bercocok tanam (petani)” terangnya.

Selain itu Desa Marga Jaya Saat ini lagi gencar dalam meningkatkan dan membina UKM di bidang pangan salah satunya yang menjadi ciri khas adalah gula aren, keripik singkong dan keripik talas serta manisan.

Meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat Desa Marga Jaya dikatakannya, jelas transfaransi perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan yang di lakukan oleh desa Marga Jaya harus menjadi contoh buat desa desa lain dalam penganggaran dana desa sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunan desa yang sesungguh nya. (JOHAN)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *