BP3K Mangunjaya Uji  Tiga Varietas Unggulan

1 Agustus 2016 / 19:23 WIB Dibaca sebanyak: 738 kali Tulis komentar

BP3K PangandaranPANGANDARAN BBCom– BP3K Mangunjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran display uji varietas komoditas kedelai di kelompok tani Teguh Karya III Desa Kertajaya (1/8/2016) , dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Tatang Hidayat bagian Produksi Pertanian Provinsi Jawa Barat dan Rusyana Kabid Pertanian Tanaman Pangan Pangandaran.

Menurut Karjum Kepala BP3K Mangunjaya, Jenis varietas kedelai yang di uji yaitu 1. Varietas Grobogan. II. Varietas Orba. III. Varietas Wilis. Hasil pengujian ketiga varietas tersebut akan dijadikan sampel pengubinan di lapangan dengan perhitungan sebagai berikut : varietas grobogan = 14,7 kwintal/hektar. Varietas orba = 20 kewintal/hektar. Varietas wilis = 11,80 kewintal/hektar.

Dikataknya, sesuai dengan kenyataan produksivitas tertinggi yaitu varietas orba yang akan di kembangkan di daerah Mangunjaya.

“Pengundian varietas yang cocok di Kecamatan Mangunjaya adalah varietas orba”, ujar Karjum ketika di temui tim BBCom.

Dirinya berharap dan mengharapkan kepada Dinas KPK Pangandaran dan Distan Jabar, untuk mendukung serta meningkatkan varietas orba, karena para kelompok tani sudah sangat setuju dengan program ini. (Agus Budiman)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *