Arjon Turnip PhD Peneliti LIPI Bakar Semangat Dosen dalam Meneliti

23 Maret 2018 / 08:23 WIB Dibaca sebanyak: 192 kali Tulis komentar

JAMBI BBCom– Arjon Turnip PhD, Peneliti Utama Bidang Instrumentasi dan Brain Engineering LIPI memberikan Kuliah Umum di Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA), Kamis (22/3/2018) di Kampus UNAJA, Jl. Sersan Muslim No.16, The Hok, Jambi Sel., Kota Jambi

Kuliah umum ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor II UNAJA Ade Oktarino SKom MSi, dalam sambutannya mengatakan bahwasanya UNAJA berkomitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui penelitian dan publikasi para dosen dan mahasiswa.

“Ia berharap dengan adanya kuliah umum ini, sekaligus meminta Arjon Turnip PhD dapat mendampingi UNAJA untuk meraih predikat Universitas terbaik di Wilayah Kopertis X,” pinta Ade.

Kuliah umum yang mengambil Tema “Sinergitas Dosen dan Mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi” ini di bagi dalam 2 (dua) sesi. Sesi Pertama Kuliah Umum bersama Dosen dan Mahasiswa yang di moderatori oleh Hafiz Muchti Kurniawan MSi yang juga selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Diskusi di sesi pertama diwarnai dengan beragam pertanyaan dari dosen dan mahasiswa yang menandakan keantusiasan peserta dan keseriusan menyimak materi yang diberikan.

Arjon Turnip membakar semangat para dosen dan mahasiswa sehingga bisa berkomitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan di UNAJA.

“Dalam menjalankan tridarma, setiap dosen harus meiliki transdisiplin topik penelitian dan laboratorium,” ucapnya.

Seorang dosen tanpa laboratorium ibarat seorang petani tanpa ladang pertanian. Untuk mendapatkan topik tugas akhir dengan international quality, seorang dosen harus mampu menggali sebuah topik besar berdasarkan permasalahan ditengah masyarakat baik nasional maupun internasional. Dengan demikian dalam proses pelaksanaan penelitian dapat dilakukan secara multiyear.

“Penelitian multiyear dan transdisiplin akan sangat membantu baik bagi para dosen maupun ketika bahan tersebut didistribusikan sebagai bagian tugas akhir mahasiswa. Dengan demikian pemilihan topik tugas akhir tidak lagi dilakukan oleh mahasiswa melainkan oleh pembimbing,” tandas Arjon.

Sesi kedua dengan moderator Saut Siagian ST MSi yang juga Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNAJA

Hal ini terbukti dari pendampingan yang dilakukan oleh Arjon Turnip PhD, berhasil mengumpulkan 27 hasil penelitian yang akan diterbitkan ke jurnal internasional bereputasi dan 25 rancangan proposal penelitian yang siap berkompetisi di SIMLIBTABMAS.

Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Rektor II UNAJA Ade Oktarino SKom MSi, Ketua Panitia Herbert Wau SKM MPH, Para Dekan, KaProdi dilingkungan UNAJA, Dosen dan Mahasiswa. (js)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *