Api PON XIX/2016 Jabar Akan Menempuh Jarak 1.005,4 kilometer

4 Agustus 2016 / 14:13 WIB Dibaca sebanyak: 548 kali Tulis komentar

INDRAMAYU BB.Com-Api PON XIX/2016 Jawa Barat, rencananya akan diambil dari sumber api abadi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Api akan dikirab mengawali rangkaian kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON), di ‘Tanah Legenda’, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher menuturkan, Kirab Api PON ini akan dilaksanakan mulai 5 s/d 17 September 2016, melewati 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat.

“Istimewa, dari Indramayu akan diambil Api PON dari api alam, di Kecamatan Balongan. Api akan diambil pada 5 September 2016, kemudian akan dikelilingkan di 27 Kabupaten/ Kota selama 12 hari, menempuh jarak kurang lebih 1.005,4 kilometer,” tutur Aher, saat ditemui disela kegiatan Sosialisasi PON XIX dan Peparnas XV tahun 2016 Jawa Barat di Alun-Alun Kabupaten Indramayu, Minggu (31/07/2016).

“Api PON akan dibawa oleh para atlet, para tokoh, para legenda di masing-masing daerah nanti secara bergiliran. Insya Allah akan semarak,” tambah Aher.

Dijadwalkan pada prosesi ini, pengambilan api PON rencananya akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PON XIX dan Peparnas XV Jabar, yang kemudian akan diserahkan kepada pasukan inti pembawa obor. Hingga pada 17 September 2016 nanti, Kirab Api PON XIX/2016 Jabar bergerak menuju tempat pembukaan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung. Api PON selanjutnya akan diletakan di kalderon, dan api PON XIX/2016 akan menyala selama perhelatan PON berlangsung.

Kabupaten Indramayu sendiri, akan menjadi tuan rumah bagi tiga cabang olahraga (cabor) diantaranya: layar, renang perairan terbuka, dan selam nomor air. Pelaksanaan pertandingan tiga cabor tersebut, akan berlangsung di dua venue, yakni di pantai Balongan Indah, di Kecamatan Balongan untuk pelaksanaan pertandingan layar, dan pantai Tirtamaya di Kecamatan Tirtamaya untuk pertandingan renang perairan terbuka, dan selam nomor air.

Selain itu, Kabupaten Indramayu juga mengirimkan 14 atletnya untuk Kontingen Jawa Barat. Mereka akan bertanding pada delapan cabor, diantaranya; takraw, taekwondo, gulat, tinju, kempo, dayung, bola voli pasir, dan tarung derajat.

“Persiapan venue sudah selesai, pada umumnya venue di Jawa Barat sudah selesai, termasuk venue yang ada di Indramayu yaitu selam nomor air, renang perairan terbuka, dan layar. Insya Allah kondisinya, secara umum Jawa Barat sudah siap melaksanakan PON XIX/2016, mudah- mudahan PON berjalan lancar,” ucapnya. (dp)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *