Anis Baswedan Resmikan Pelaksanaan PLS Kota Bandung

22 Juli 2016 / 21:20 WIB Dibaca sebanyak: 650 kali Tulis komentar

SMAN 8 BandungBANDUNG BBCom-Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anis Baswedan resmikan pelaksanaan program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Kota Bandung. Peresmian ditandai pemukulan kendang secara bersama antara Mendikdasmen, Walikota Ridwan Kamil dan Kedisdik Kota Bandung, Selasa (19/7), bertempat di Aula SMAN 8 Bandung.

Dalam sambutannya, Anis Baswedan kembali menegaskan bahwa kegiatan perpeloncoan untuk siswa baru tidak diperbolehkan. “Saya tegaskan, tidak ada lagi kegiatan perpeloncoan, di manapun dan kapanpun”, serunya.

Oleh karena itu Anis meminta pihak sekolah untuk mengadakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) agar para siswa baru bertambah semangat dalam menjalani proses belajar di sekolah yang baru.

Menurut Anis Baswedan, bahwa kegiatan PLS adalah dilakukan oleh para guru di sekolah masing-masing. “Soal keterlibatan siswa senior atau OSIS dalam PLS, sebatas bersifat membantu para guru pembimbing”, ujar Anis.

Dalam bagian lain sambutannya, Menteri Anis sangat berharap agar para siswa memiliki “karakter”. Anis mengartikan karakter itu dengan “kebiasaan”. Yaitu dorongan dasar manusia yang menjadi kebiasaan, misalnya kebiasaan berbuat jujur, baik, semangat, profesaional dan lainnya, dan inilah yang harus ditumbuhkan diantaranya di lingkungan sekolah,jelas Anis Baswedan.

“Kedepan, bahwa kemajuan suatu peradaban akan ditentukan oleh tiga hal, yaitu, “karakter, kompetensi yang meliputi (kratifitas, critical thinking, communication dan collaboration), dan literasi. Atas dasaritu, para sekolah harus mendasarkan tiga hal itu dalam proses pendidikan kepada para siswanya.”Siswa yang punya karakter, punya 4 C dan kemampuan literasi (budaya baca), jelas Anis Baswedan.

Menteri Anis Baswedan memberikan apresiasi positif kepada Walikota Bandung yang menetapkan tujuan dengan istilah Bandung Masagi (Paripurna) dan menetapkan dasar penyelenggaraan proses pendidikan dengan,”silih asih, asah, asuh dan silih wawangi”. Ini sangat tempat dengan tujaun pendidikan seutuhnya, ujarnya.

Kehadiran Menteri Anis Baswedan didampingi walikota Bandung, pejabat Disdik Prov.Jabar, para pimpinan organisasi keguruan Bandung, dan  ratusan siswa sekolah mulai tingka SD/SLTP hingga SMA/SMK.

Usai acara, Menteri Anis menyempatkan meninjau kegiatan PLS di SMAN 8 Bandung dan melakukan dialog dengan para siswa baru yang mengikutiprogram PLS. (yan/kur)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *